RANGKUMAN MATERI KOMPUTASI MODERN
RANGKUMAN MATERI
KOMPUTASI MODERN
A. KOMPUTASI
MODERN
Komputasi modern adalah cara untuk menemukan pemecahan
masalah/solusi dari data input dengan menggunakan suatu algoritma tertentu. Komputasi modern
merupakan sebagai sebuah konsep sistem yang menerima intruksi intruksi yang kemudian menyimpannya dalam sebuah
memory komputer. Oleh karena pada saat ini
melakukan komputasi menggunakan komputer maka dapat
dikatakan komputer merupakan sebuah komputasi modern.
Dalam kerjanya komputasi
modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan
yang dilakukan itu meliputi :
·
Akurasi (big, Floating
Point)
Akurasi tentu merupakan masalah yang paling
penting dalam memecahkan masalah. Karena itu pada komputasi modern dilakukan
perhitungan bagaimana bisa menghasilkan satu jawaban yang akurat dari sebuah
masalah. Tentu kita pernah mendengar tipe data floating point yang biasa
digunakan untuk menyimpan data numerik dalam bentuk pecahan. Tipe data tersebut
memiliki range penyimpanan numerik yang besar, sehingga dapat digunakan oleh
komputer untuk melakukan komputasi yang akurat.
· Kecepatan
(dalam satuan Hz)
Manusia pasti menginginkan masalah dapat
diselesaikan dengan cepat. Karena itu perhitungan masalah kecepatan adalah
suatu hal yang penting. Komputasi harus dapat dilakukan dalam waktu yang cepat
ketika mengolah suatu data. Sehingga perlu metode kecepatan untuk mengolah
perhitungan dalam waktu singkat.
·
Problem Volume Besar
(Down Sizzing atau parallel)
Data yang besar tentu membutuhkan suatu
cara penyelesaian yang khusus. Karena data yang besar dapat menjadi masalah
jika ada yang terlewatkan. Oleh karena itu digunakan metode Down Sizzing atau
parallel pada komputasi modern untuk menangani masalah volume yang besar.
Dengan metode ini data yang besar di paralelkan dalam pengolahnya sehingga
dapat diorganisir dengan baik.
·
Modelling (NN & GA)
Modeling merupakan suatu hal yang penting
dalam melakkan suatu perhitungan yang rumit. Bayangkan saja jika kita dihadapi
dalam suatu masalah perhitungan yang banyak dan kompleks, tetapi tidak ada
model matematika yang kita miliki. Perhitungan akan berjalan berantakan dan
tidak akan mendapatkan hasil yang akurat. Maka dari itu komputasi modern
membutuhkan modelling sebelum melakukan perhitungan.
·
Kompleksitas
(Menggunakan Teori Big O)
Komputasi modern dirancang untuk menangani
masalah yang kompleks, sehingga diterapkan pada komputer. Dengan menggunakan
teori Big O, maka komputasi modern dapat melakukan dapat melakukan perhitungan
untuk memecahkan masalah kompleksitas yang kerap dihadapi.
Implementasi Komputasi banyak digunakan untuk berbagai bidang. Seperti : Bidang Fisika, Kimia, Matematika, Ekonomi, Geografi dan Geologi:
·
Bidang Fisika
Implementasi komputasi modern di bidang
Fisika adalah Computational Physics yang mempelajari suatu gabungan antara
Fisika, Komputer Sains dan Matematika Terapan untuk memberikan solusi pada
“Kejadian dan masalah yang kompleks pada dunia nyata” baik dengan menggunakan
simulasi juga penggunaan Algoritma yang tepat. Pemahaman Fisika pada teori,
eksperimen dan komputasi haruslah sebanding. Agar dihasilkan solusi numerik dan
visualisasi atau pemodelan yang tepat untuk memahami masalah Fisika. Untuk
melakukan pekerjaan seperti evaluasi integral, penyelesaian persamaan
differensial, penyelesaian persamaan simultan, mem-plot suatu fungsi/data,
membuat pengembangan suatu seri fungsi, menemukan akar persamaan dan bekerja
dengan bilangan kompleks yang menjadi tujuan penerapan Fisika komputasi. Banyak
perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, seperti : MatLab, Visual Basic,
Fortran, Open Source Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya
digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah-masalah
pada Fisika komputasi.
·
Bidang Kimia
Implementasi komputasi modern di bidang
Kimia adalah Computational Chemistry yaitu penggunaan ilmu komputer untuk
membantu menyelesaikan masalah Kimia. Contohnya penggunaan super komputer untuk
menghitung struktur dan sifat molekul. Istilah Kimia teori dapat didefinisikan
sebagai deskripsi Matematika untuk Kimia, sedangkan Kimia komputasi biasanya
digunakan ketika metode Matematika dikembangkan dengan cukup baik untuk dapat
digunakan dalam program komputer. Perlu dicatat bahwa kata “tepat” atau
“sempurna” tidak muncul di sini, karena sedikit sekali aspek Kimia yang dapat
dihitung secara tepat. Hampir semua aspek kimia dapat digambarkan dalam skema komputasi
kualitatif atau kuantitatif hampiran.
· Bidang Matematika
Menyelesaikan
sebuah masalah yang berkaitan dengan perhitungan Matematis, namun dalam
pengertian yang akan dibahas dalam pembahasan komputasi modern ini merupakan
sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah Matematis menggunakan komputer
dengan cara menyusun Algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna
untuk menyelesaikan masalah manusia
· Bidang Ekonomi
Pemrograman
yang didesain khusus untuk komputasi Ekonomi dan pengembangan alat bantu dalam
pendidikan komputasi Ekonomi. Karena dibidang Ekonomi pasti memiliki
permasalahan yang harus dipecahkan oleh Algoritma. Contohnya adalah memecahkan
teori statistika untuk memecahkan permasalahan keuangan. Salah satu contoh
komputasi di bidang Ekonomi adalah komputasi statistik. Komputasi statistik
adalah jurusan yang mempelajari teknik pengolahan data, membuat program dan
analisis data serta teknik penyusunan sistem informasi statistik, seperti :
penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan, dan diseminasi data
statistik.
· Bidang Geografi
Geografi
adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan
(variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.
Komputasi dalam bidang Geografi biasanya di gunakan untuk peramalan cuaca, di
Indonesia khususnya ada salah satu instansi Negara dengan nama BMKG (Badan
Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yakni instansi negara yang meneliti
mengamati tentang Metereologi, Klimatologi kualitas udara dan Geofisika supaya
tetap sesuai dengan perundang undangan yang berlaku di Indonesia.
·
Bidang Geologi
Geologi merupakan cabang Ilmu sains yang mempelajari tentang Bumi. Yakni komposisi, struktur , sifat-sifat, sejarah dan proses, komputasi Geologi umumnya digunakan dibidang pertambangan sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat didalam tanah. Implementasi pada bidang ini untuk memetakan letak sumber daya dan kontur dari permukaan bumi yang terdapat hasil tambang.
B.
Jenis-jenis Komputasi Modern
·
Mobile computing : Mobile computing
atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi
bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi
menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah
tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
·
Grid computing : Komputasi grid menggunakan komputer yang
terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk
menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
· Cloud computing : Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
C.
Contoh Penerapan Komputasi Modern
·
GPS (Global Positioning System )
merupakan sebuah sistem yang dapat digunakan untuk
menentukan posisi wilayah yang berada di permukaan bumi dengan menggunakan
bantuan sinkronisasi dari sinyal satelit.
· GPS receiver
merupakan perangkat penerima sinyal satelit GPS, perangkat ini berfungsi untuk memperhitungkan letak koordinat berdasarkan data-data yang tersedia. Sinyal gelombang mikro akan dipancarkan oleh setiap satelit GPS. GPS receiver ini akan menerima sinyal-sinyal satelit yang memancarkan gelombang mikro dari setiap satelit GPS.
D. Sejarah Komputasi Modern
Sejarah Komputasi Modern Awal mula dari komputasi adalah adanya
perhitungan-perhitungan angka yang dilakukan manusia. Manusia telah mengenal
angka dan perhitungan sejak berabad-abad yang lalu. Bangsa romawi pun telah
dapat menghitung sistem kalender dan rasi bintang. Seiring dengan perkembangan
zaman manusia pun melakukan perhitungan-perhitungan yang lebih kompleks. Otak
manusia juga mengalami keterbatasan dalam menghitung angka yang jumlahnya bisa
berdigit-digit, kemudian diciptakan alat sempoa untuk menghitung, kemudian
dekembangkan menjadi kalkulator, Karena semakin berkembangnya alat dan
kebutuhan semakin banyak pula data-data yang ingin dihitung, dan mulailah ide
pembuatan untuk membuat komputer sebagai alat hitung dengan konsep komputasi
modern. Tidak hanya itu, komputer yang diciptakan hingga sekarang ini bukan
menjadi sebuah alat yang digunakan untuk menghitung, tapi juga bisa
menyimpan,mengedit dan mengolah kata serta masih banyak lagi kegunaan dan
kelebihan yang dimiliki oleh komputer. Konsep Komputasi Modern pertama kali
digagasi oleh John Von Neumann. Beliau adalah ilmuan yang meletakkan
dasar-dasar komputer modern. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam
bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer
yang di salurkan melalui karya-karyanya Von Neumann juga ahli dalam bidang
komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer
ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai
sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program
yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat,
I/O, dan memori.
E. Karakteristik komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
· Komputer-komputer
penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis
perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
· Komputer-komputer
terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
· Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
F.
Jenis-jenis komputasi
modern ada 3 macam, yaitu :
· Mobile Computing atau
Komputasi Bergerak Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan
teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa
menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda
dengan komputasi nirkabel.
·
Grid Computing Komputasi
grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan
menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan.
· Cloud Computing atau Komputasi Awan Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. Abstraksi, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, menghapus rincian kerja yang kompleks dari visibilitas.
G. CLOUD
COMPUTING
Cloud computing (komputasi awan) adalah
metode penyampaian berbagai layanan melalui internet. Sumber daya yang dimaksud
contohnya adalah aplikasi seperti penyimpanan data, server, database, jaringan,
dan perangkat lunak. Dinamakan
cloud computing karena informasi yang diakses secara remote di “awan” atau
ruangan virtual. Perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan cloud,
memungkinkan para penggunanya menyimpan file dan aplikasi dari server jarak
jauh. Mereka juga bisa mengaksesnya asalkan ada sambungan internet. Ini
berarti, seorang pengguna tidak perlu berada di tempat tertentu untuk
mendapatkan akses file-nya.
Cloud computing bisa bersifat public atau private.
Public cloud menyediakan layanannya secara publik di internet. Sementara di
lain sisi, private cloud hanya menyediakan layanannya ke orang-orang tertentu.
Juga ada opsi hybrid, yang mengombinasikan baik public cloud maupun private
cloud.
Terlepas
dari bermacam layanannya, cloud computing memberikan penggunanya serangkaian
fungsi, seperti:
·
Email contohnya layanan
Zimbra Mail
·
Penyimpanan, backup,
pengambilan data
·
Membuat dan mengetes
aplikasi
·
Menganalisis data
·
Streaming audio dan
video
Tipe
cloud computing berdasarkan layanannya
Cloud
computing bukanlah satu bagian dari teknologi seperti microchip atau telepon
genggam. Sebaliknya, ini merupakan sebuah sistem yang utamanya terdiri dari
tiga layanan: software-as-a-service (SaaS), infrastructure-as-a-service (IaaS),
dan platform-as-a-service (PaaS).
·
Software-as-a-service
(SaaS) melibatkan suatu lisensi aplikasi perangkat lunak kepada penggunanya.
Lisensi ini biasanya diberikan melalui metode pay-as-you-go atau on-demand.
Tipe seperti ini bisa ditemukan di Microsoft Office’s 365
· Infrastructure-as-a-service
(IaaS) melibatkan metode untuk mengirimkan suatu file dari sistem operasi ke
server dan penyimpanan, melalui konektivitas berbasis IP sebagai bagian dari
layanan on-demand. Klien jadi tidak perlu membeli perangkat lunak atau server. Contoh
populer dari tipe ini adalah Public Cloud dari Indonesian Cloud dan Microsoft
Azure.
·
Platform-as-a-service
(PaaS) disebut-sebut sebagai yang paling kompleks. PaaS hampir mirip dengan
SaaS, tapi perbedaan paling besarnya adalah, alih-alih mengirim suatu perangkat
lunak via online, PaaS sebenarnya adalah platform untuk membuat perangkat lunak
yang dikirimkan melalui internet. Contoh dari PaaS seperti Salesforce.com dan
Heroku.
Komponen-Komponen
Infrastruktur Cloud
Untuk
sisi pengguna, layanan cloud bisa digunakan melalui PC, tablet, dan perangkat
lainnya yang terkoneksi dengan komponen pusat data backend menggunakan
jaringan. Komponen-komponen yang membentuk infrastruktur cloud meliputi:
·
Jaringan
Jaringan adalah channel komunikasi yang
membuat informasi dapat berpindah dari backend ke perangkat pengguna.
Komputasinya berlangsung di pusah data
off-premise. Pengguna mengakses dan berinteraksi dengan
komponen-komponen ini melalui jaringan private atau public yang
mengomunikasikan data antara dua belah pihak. Biasanya, data berbentu informasi
visual, logs, atau fungsi kontrol yang dikomunikasi di seluruh jaringan. Jaringan
terdiri dari komponen listrik fisik seperti router, kabel, dan saklar. Lalu
juga termasuk aplikasi software, dan firmware hardware yang mengaktifkan
komunikasi data.
·
Hardware
Komputasi awan diakses dengan seperangkat
host virtual yang mewakili komponen perangkat keras fisik yang sebelumnya telah
dikonfigurasi. Meskipun pengguna tidak mengontrol, mengelola dan mengoperasikan
hardware di layer fisik, tapi terdapat abstraksi layer dan infrastruktur.
Komponen hardware ini termasuk server, processing unit, GPU, power supply,
memory, dan komponen lainnya. Alokasi dari sumber daya hardware ini bisa
diskalakan melalui pengguna dan beban kerja IT via virtualisasi dan abstraksi
layer. Namun, tergantung dari model layanan cloud-nya.
·
Penyimpanan
Sistem penyimpanan adalah komponen penting
dari infrastruktur stack. Pusat data cloud menyimpan data dari segala macam
tipe penyimpanan dan perangkat. Hardware stack yang ada mendukung infrastruktur
penyimpanan diabstraksi via virtualisasi. Ini memudahkan pengguna untuk
menggunakan penyimpanan sebagai layanan cloud yang bisa ditambah atau dihapus,
tanpa perlu menyediakan hardware secara manual di setiap server.
Format
penyimpanan cloud:
·
Block storage: Ini
berarti membagi data menjadi blok-blok yang disimpan di sistem penyimpanan
berbeda dalam beberapa server. Data dipisahkan dari lingkungan hardware yang
ada. Volume penyimpanan individu bisa dibagi-bagi ke beberapa instansi yang
disebut block. Block storage paling cocok untuk aset data statis.
·
Object storage: File
data dipecah menjadi beberapa bagian, yang masing-masing dilengkapi dengan
pengenal metadata, lalu disimpan sebagai objek data yang tidak dikompresi dan
tidak dienkripsi. Informasi metadata dapat dikustomisasi. Object storage paling
pas untuk aset data yang berubah-ubah secara dinamis.
· File storage: Ini diasosiasikan dengan Network Access Storage (NAS) dan memiliki cara kerja yang mirip dengan perangkat hardware lokal di PC. File storage mudah dikonfigurasi dalam data satu jalur.
Cara
kerja infrastruktur cloud
Proses abstraksi teknologi digunakan untuk memisah sumber daya dari hardware fisik, lalu dikumpulkan ke cloud. Software otomatisasi dan management tools mengalokasikan sumber daya yang ada dan menyediakan lingkungan baru, sehingga pengguna bisa mengakses apa yang mereka butuhkan kapan dan di mana saja.Karakteristik infrastruktur cloud berbeda dari data center on-site. Berikut karakteristiknya:
·
Skalabilitas tinggi
·
Pooling sumber daya yang
fleksibel
·
Permintaan self-service
secara on-demand
·
Dilindungi oleh layer
keamanan untuk mencegah serangan siber
·
Model as-a-service
dikenakan biaya berdasarkan penggunaan.
·
Tersedia akses ke sumber
daya dan layanan IT
·
Dikelola oleh penyedia
cloud
Model
deployment untuk infrastruktur cloud
Infrastruktur cloud bisa digunakan oleh pengguna individu khusus atau dibagikan ke sejumlah pengguna lainnya, maupun gabungan dari dua jenis tersebut. Sumber daya infrastruktur pada dasarnya sama, terlepas dari model deployment-nya, namun alokasi akan berbeda tergantung pengguna. Model deployment cloud pada umumnya ada tiga jenis:
·
Public cloud
Sebuah pool dari sumber daya yang
divirtualisasi, dibagikan ke sejumlah pengguna di luar firewall penyedia cloud.
Layanannya didistribusi berdasarkan konsumsi yang digunakan pengguna. Vendor
bertanggung jawab untuk mengelola dan mengoperasikan public cloud.
·
Private cloud
Ini merupakan jenis cloud yang
didedikasikan untuk pengguna individu khusus via firewall mereka sendiri.
Lingkungan private cloud biasanya di-deploy sebagai on-premise, tapi pusat
datanya divirtualisasi. Tambahan layer otomatisasi dapat membuat pengguna
memanfaatkan infrastruktur sebagai layanan private cloud.
·
Hybrid cloud
Ini adalah integrasi antara public dan private cloud, sehingga menciptakan model hybrid cloud. Beban kerjanya bersifat portabel, sehingga memungkinkan perusahaan menggunakan public cloud untuk hemat biaya, lalu data-data yang sensitif pada private cloud.
H. Quantum
Entanglement
Quantum entanglement disebut juga dengan Bell
state adalah fenomena fisik yang terjadi ketika sepasang atau sekelompok
partikel saling mempengaruhi walaupun dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh.
Quantum entanglement adalah salah satu fenomena paling
unik di dunia Quantum Fisika. Misalnya,
kita mempunyai dua buah bola yang mempunyai ukuran sama dan berbentuk sama. Dua
buah bola ini, kemudian di entangle-kan sehingga satu bola berputar searah
jarum jam dan bola satunya berputar sebaliknya. Kemudian, seorang astronot yang
akan dikirim ke Mars mengambil salah satu bola itu untuk ditempatkan di Koloni
mereka. Sesampainya di Mars, bola itu ditempatkan di sebuah ruangan hampa di
sebuah bunker di bawah permukaan Mars. Sehingga tidak mungkin ada sinyal atau
sistem komunikasi yang mampu mempengaruhi keadaan bola itu dari jauh. Bola yang
di bumi, katakanlah yang berputar searah jarum jam, dibalik arah putarannya
sehingga berlawanan arah jarum jam. Maka, bola yang ada di Mars seketika itu
juga (tanpa ada jeda waktu) akan berputar menjadi searah jarum jam.
5
Fungsi Quantum Entanglement :
1.
Sistem Komunikasi
Supercepat
Dua partikel yang ter-entangle seolah-olah
dapat berkomunikasi secara instan.
2.
Sistem Enkripsi
Enkripsi bekerja dengan menggunakan sebuah
kunci (key).
3. Sistem waktu presisi
Waktu
bukan hanya mejelaskan keadaan atau kejadian berada namun juga menjadi tolok
ukur yang berharga.
4. Super komputer
Selama ini komputer bekerja menggunakan
sistem binary digit atau bit.
5.
Pengiriman Barang dan
Mungkin Manusia
Harus menguasai seluruh aspek dari nomor 1
hingga 4 terlebih dahulu. Sistem waktu yang presisi misalnya, juga berpengaruh
terhadap proses pengiriman data dengan quantum entanglement. Jika sequensial
data berbeda 0,001 detik saja. Maka dalam tahap molekuler, data sudah tersusun
dalam bentuk yang berbeda.
Quantum Gates dan Algoritma Shor
Algoritma
Shor, dinamai matematikawan Peter Shor , adalah algoritma kuantum yaitu
merupakan suatu algoritma yang berjalan pada komputer kuantum yang berguna
untuk faktorisasi bilangan bulat. Algoritma Shor dirumuskan pada tahun
1994. Inti dari algoritma ini merupakan
bagaimana cara menyelesaikan faktorisasi terhadap bilanga interger atau bulat
yang besar.
Efisiensi algoritma Shor
adalah karena efisiensi kuantum Transformasi Fourier , dan modular
eksponensial. Jika sebuah komputer kuantum dengan jumlah yang memadai qubit
dapat beroperasi tanpa mengalah kebisingan dan fenomena interferensi kuantum
lainnya, algoritma Shor dapat digunakan untuk memecahkan kriptografi kunci
publik skema seperti banyak digunakan skema RSA.
Algoritma Shor terdiri
dari dua bagian:
· Penurunan yang bisa
dilakukan pada komputer klasik, dari masalah anjak untuk masalah ketertiban
temuan.
·
Sebuah algoritma kuantum
untuk memecahkan masalah order-temuan.
Hambatan
runtime dari algoritma Shor adalah kuantum eksponensial modular yang jauh lebih
lambat dibandingkan dengan kuantum Transformasi Fourier dan
pre-/post-processing klasik. Ada beberapa pendekatan untuk membangun dan
mengoptimalkan sirkuit untuk eksponensial modular. Yang paling sederhana dan
saat ini yaitu pendekatan paling praktis adalah dengan menggunakan meniru
sirkuit aritmatika konvensional dengan gerbang reversibel , dimulai dengan
penambah ripple-carry. Sirkuit Reversible biasanya menggunakan nilai pada
urutan n ^ 3, gerbang untuk n qubit. Teknik alternatif asimtotik meningkatkan
jumlah gerbang dengan menggunakan kuantum transformasi Fourier , tetapi tidak
kompetitif dengan kurang dari 600 qubit karena konstanta tinggi.
Quantum
Gates / Gerbang Quantum merupakan sebuah aturan logika / gerbang logika yang
berlaku pada quantum computing. Prinsip kerja dari quantum gates hampir sama
dengan gerbang logika pada komputer digital. Jika pada komputer digital
terdapat beberapa operasi logika seperti AND, OR, NOT, pada quantum computing
gerbang quantum terdiri dari beberapa bilangan qubits, sehingga quantum gates
lebih susah untuk dihitung daripada gerang logika pada komputer digital.
Prosedur berikut
menunjukkan bagaimana cara untuk membuat sirkuit reversibel yang mensimulasikan
dan sirkuit ireversibel sementara untuk membuat penghematan yang besar dalam jumlah
ancillae yang digunakan.
·
Pertama mensimulasikan
gerbang di babak pertama tingkat
·
Jauhkan hasil gerbang di
tingkat d/2 secara terpisah
·
Bersihkan bit ancillae
·
Gunakan mereka untuk
mensimulasikan gerbang di babak kedua tingkat
·
Setelah menghitung
output, membersihkan bit ancillae
·
Bersihkan hasil tingkat
d/2
Melihat
gerbang reversibel ireversibel klasik dan klasik, memiliki konteks yang lebih
baik untuk menghargai fungsi dari gerbang kuantum. Sama seperti setiap
perhitungan klasik dapat dipecah menjadi urutan klasik gerbang logika yang
bertindak hanya pada bit klasik pada satu waktu, sehingga juga bisa setiap
kuantum perhitungan dapat dipecah menjadi urutan gerbang logika kuantum yang
bekerja pada hanya beberapa qubit pada suatu waktu. Perbedaan utama adalah
bahwa gerbang logika klasik memanipulasi nilai bit klasik, 0 atau 1, gerbang
kuantum dapat sewenang-wenang memanipulasi nilai kuantum multi-partite termasuk
superposisi dari komputasi dasar yang juga dilibatkan. Jadi gerbang logika
kuantum perhitungannya jauh lebih bervariasi daripada gerbang logika
perhitungan klasik
I.
Parallelism Concept
Komputasi paralel didefinisikan sebagai penggunaan sekumpulan sumberdaya
komputer secara simultan untuk menyelesaikan permasalahan komputasi. Secara
prinsip komputer paralel membagi permasalahan sehingga menjadi lebih kecil
untuk dikerjakan oleh setiap prosesor / CPU dalam waktu yang bersamaan/simultan
/ concurrent dan prinsip ini disebut paralelisme. Konsep program parallel
:
- Memerintahkan set instruksi
(pandangan programmer).
- File executable (pandangan sistem operasi)
J.
Distributed Processing
Distribusi Processing adalah mengerjakan semua proses pengolahan data secara bersama antara komputer pusat dengan beberapa komputer yang lebih kecil dan saling dihubungkan melalui jalur komunikasi. Setiap komputer tersebut memiliki prosesor mandiri sehingga mampu mengolah sebagian data secara terpisah, kemudian hasil pengolahan tadi digabungkan menjadi satu penyelesaian total. Jika salah satu prosesor mengalami kegagalan atau masalah yang lain akan mengambil alih tugasnya.
K. Architectural
Parallel Computer
Arsitektur Komputer Paralel adalah sekumpulan elemen pemroses (Processing
Elements) yang bekerjasama dalam menyelesaikan sebuah masalah besar. Komputasi
paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan
memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanya diperlukan saat
kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam
jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.
L.
Pengantar Thread
Programming
Thread dalam sistem operasi dapat diartikan sebagai sekumpulan perintah (instruksi) yang dapatdilaksanakan (dieksekusi) secara sejajar dengan ulir lainnya, dengan menggunakan cara time slice (ketika satu CPU melakukan perpindahan antara satu ulir ke ulir lainnya) atau multiprocess (ketika ulir-ulir tersebut dilaksanakan oleh CPU yang berbeda dalam satu sistem). Ulir sebenarnya mirip dengan roses, tapi cara berbagi sumber daya antara proses dengan ulir sangat berbeda. Multiplethread dapat dilaksanakan secara sejajar pada sistem komputer. Secara umum multithreading melakukan time-slicing (sama dengan time-division multipleks), di manasebuah CPU bekerja pada ulir yang berbeda, di mana suatu kasus ditangani tidak sepenuhnya secara serempak, untuk CPU tunggal pada dasarnya benar-benar melakukan sebuah pekerjaan pada satu waktu.
M. Karakteristik Thread
Proses merupakan lingkungan eksekusi bagi thread-thread yang dimilikinya.
Thread-thread di satu proses memakai bersama sumber daya yang dimiliki proses,
yaitu :
·
Ruang alamat.
·
Himpunan berkas yang
dibuka.
·
Proses-proses anak.
·
Timer-timer.
·
Snyal-sinyal.
· Sumber daya-sumber daya lain milik proses.
N.
Pengantar Message Passing
Massage Passing merupkan suatu teknik bagaimana mengatur suatu alur
komunikasi messaging terhadap proses pada system. Message passing dalam ilmu
komputer adalah suatu bentuk komunikasi yang digunakan dalam komputasi paralel,
pemrograman-berorientasi objek, dan komunikasi interprocess. Dalam model ini,
proses atau benda dapat mengirim dan menerima pesan yang terdiri dari nol atau
lebih byte, struktur data yang kompleks, atau bahkan segmen kode ke proses
lainnya dan dapat melakukan sinkronisasi.
Terdapat beberapa metode dalam pengiriman pesan yaitu :
· Synchronous Message
Passing
Pengirim menunggu untuk mengirim pesan sampai penerima siap untuk
menerima pesan. Oleh karena itu tidak ada buffering. Selain itu Pengirim tidak
bisa mengirim pesan untuk dirinya sendiri.
· Ansynchronous Message
Passing
Pengirim akan mengirim pesan kapanpun dia mau.
Pengirim tidak peduli ketika penerima belum siap untuk menerima pesan. Oleh
karena itu diperlukan buffering untuk menampung pesan sementara sampai penerima
siap menerima pesan. Selain itu pengirim dapat pesan untuk dirinya sendiri.
SUMBER:
https://indonesiancloud.com/komponen-infrastruktur-cloud-computing/
https://indonesiancloud.com/mengenal-cloud-computing/
https://nanopdf.com/download/komputasi-modern_pdf
Komentar
Posting Komentar